Monosodium Glutamat (MSG)

Monosodium Glutamat

Monosodium Glutamat

MSG merupakan produk populer yang digunakan sebagai bahan tambahan untuk menyedapkan makanan. Sekarang penggunaan MSG bukan main “ganasnya”, karena bukan lagi menggunakan sendok teh, tetapi pakai sendok makan. Hal ini sering dijumpai di restoran besar dan sea foods. Satu sendok makan setara dengan 15 gram MSG (±250 kali korek kuping) dan kadar natrium /sodium 15 gram MSG setara dengan 5 gram garam dapur. Penggunaan yang berlebihan MSG oleh para pedagang atau juru masak karena secara psikologis tidak percaya diri kalau masakan yang disajikan itu lezat dan enak. Padahal penambahan 60 Mg per mangkok (2 X korek kuping ) gurihnya dan lezatnya sama dengan yang diberi 1 sendok teh atau makan.
Penggunaan MSG tidak hanya oleh para pedagang makanan dan juru masak, bahkan ibu rumah tangga pun sekarang banyak yang menggunakan MSG secara berlebihan. Pada umumnya mereka tidak mengetahui bahaya akan penggunaan MSG yang berlebihan tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan mereka tentang MSG.
Masih ada solusi untuk menggunakan MSG secara aman. Penggunaan MSG yang tetap aman ini adalah pengguanaan MSG dengan kadar 10 %. MSG dengan kadar 10 % ini dengan mudah dapat dibuat sendiri di rumah.

Pengertian Monosodium Glutamat

Monosodium Glutamat (MSG) adalah kristal putih yang biasanya dibuat sebagai pelengkap bumbu masak yang mempunyai cita rasa yang kuat. Monosodium Glutamat (MSG), merupakan turunan kimia L-Glutamic acid monosodium salt, yang jika di-Indonesia-kan menjadi garam natrium dari asam glutamate(natrium glutamate atau sodium glutamate). Sodium itu nama lain dari Natrium. Sedangkan ikatan aslinya adalah asam glutamat atau glutamic acid yang mampu mengikat dua ion positif. Karena unsur Na hanya memiliki satu valensi, maka masih ada satu unsur asam. Karena yang diikat baru satu, maka disebut mono, artinya satu. Satu sodium asam glutamat alias monosodium glutamat disingkat menjadi MSG. Dan rumus kimianya: C5H8NNaO4.

Selanjutnya untuk mengetahui lebih dalam antara lain mengenai pengertian, sejarah, karakteristik / sifat, bahan untuk membuat, proses pembuatan, manfaat, pengolahan limbah hasil fermentasi, efek penggunaan, batas ambang penggunaan serta solusi terhadap penggunaan MSG silahkan langsung saja download dengan cara klik disini

One thought on “Monosodium Glutamat (MSG)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s