Fotosintesis

 

Kita semua pasti tahu, bahwa tumbuhan adalah produsennya mahluk hidup, karena rantai makan pasti diawali oleh tumbuhan. Manusia dan hewan hanya sebagai pemakai atau disebut juga dengan konsumen.  Bagaimana tumbuhan memenuhi kebutuhan makanannya yaa?? Mau tahu? Yuk kita cari tahu…
Waahh, ternyata tumbuhan membuat makanannya sendiri lho… bagaimana cara tumbuhan membuat makanan sendiri ya? Selain membuat makanan untuk memenuhi kelangsungan hidupnya, tumbuhan juga menghasilkan oksigen yang digunakan untuk bernafas lho…  tapi tidak semua tumbuhan dapat membuat makanan sendiri… nah, tumbuhan seperti apa yaa yang bisa membuat makanan sendiri dan bagaimana prosesnya??Oke kita langsung aja ya,,,

Standar kompetensi dan kompetensi dasar materi fotosintesis tumbuhan SMP kelas VIII semester I adalah sebagai berikut.

Standar Kompetensi
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan.

Kompetensi Dasar
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.

Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari (photo = cahaya, synthesis = proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbon dioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis.
Fungsi Foto sintesis
 

Fungsi Fotosintesis sebagai berikut:

  1. Fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa menjadi bahan bakar dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia. Oleh karena itu, kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya (sinar matahari) menjadi energi kimia (zat makanan) selalu menjadi mata rantai makanan.
  2. Fotosintesis membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbon dioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhirnya, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
  3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara menjadi salah satu sumber energi saat ini.

Selamat belajar fotosintesis, untuk mempelajari lebih dalam dan lebih lengkap yukyuukk diliat disini

Atau bisa juga silahkan klik link ini  disitu lebih lengkap dan berbahasa inggris🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s