Im back. I’ve changed.

D-32

Oh My God. December is coming. 11 months had passed.

I just realized the last time i posted here was 9 months ago. Damn. Blame instagram,path,etc. Sorry for abandoning you my blog T_T Padahal tulisan itu terbukti lebih memorable daripada hanya sebuah gambar dengan sedikit caption doang. Gue ketawa-ketawa baca tulisan disini dari jaman 2013 jaman masih semester berapa itu gatau. Haha baca tulisan gue sendiri yang baru 1,5 tahun yang lalu aja, udah bikin sukses ketawa ketiwi. Apalagi kalo, coba bayangin 10 taun lagi gue sama anak-anak gue baca tulisan disini.

Udah ngapain aja selama 11 bulan ini? Banyaaaakkkkkkkkkk. It was a very super duper hectic year. A lot of things happened. Let me tell u a lil bit of it.

Dari yang awal tahun sibuk bikin proposal, kuliah biokimia yang serem abis, sibuk microteaching, sibuk rapat KKN+PPL. Sampe yang akhirnya tengah tahun KKN PPL mulai, sedih di sekolah salah, di desa salah gara2 untuk pertama kalinya program KKN PPL UNY dipisah. Dua setengah bulan yang penuh pelajaran berharga. Dan setelah itu, perjalanan ngerjain skripsi pun dimulai. Dosen pembimbing ditunjuk, dapet dosbing utama kepala prodi yang super sibuk, dosbing dua dosen biologi yang belum pernah ngajar. Terus proposal hasil kuliah metopen ditolak (padahal baru dibaca judulnya) dengan alasan udah sering diteliti. Meanwhile temen gue yang judulnya sama persis, sama dosen lain diterima aja tuh (sakitnya tuh disiniiiii *pegang hati*). Lanjut deh ganti judul, ngulang dari awal, sport jantung tiap mau bimbingan, revisi latar belakang 3 kali, dan sekarang stuck HAHAHA.

Ohya semester ini saking selo nya kuliah cuma 5 sks (minus skripsi), gue mutusin buat lebih mencari pengalaman sebagai tentor, cari duit sambil cari pahala. Dari sekian banyak hal suka duka yang terjadi 11 bulan ini,  bersyukur banget sama Allah SWT, ratih belajar banyak hal, dan ratih ngerasa ada perubahan positif yang terjadi dalam diri ratih. Perubahan apakah itu? Jeng jeng jengggggggg

Sekarang gue lebih sociable.

Yes. Believe it or not, yesterday I was kind of afraid to communicate with people. I was totally different when I was with people who have known me for a long time and when I was with strangers.

Gue rasa perubahan ini terjadi setelah KKN PPL. Selama 2,5 bulan KKN PPL, berasa dituntut untuk 24 jam selalu senyum kalo ketemu orang haha. Setengah hari di sekolah dan setengah hari di desa. Sehari-hari bersosialisasi sama orang baru membuat gue mulai keluar dari zona aman. Berbagai jenis orang gue temuin. Ada yang baik banget, baik aja, nyebelin tapi baik, nyebelin, nyebelin banget, dan lain-lain. Gue belajar banyaaakkkkk banget hal baru dari orang-orang baru yang gue temuin. Dari mulai hal-hal positif yang bisa gue contoh misal betapa baiknya Pak Dukuh dusun Kadiluwih (hehehe), sampe hal-hal negative (yang gue sampe heran dan membatin “kok bisa orang sifatnya kayak gitu ya…” ) dan gue bisa ambil pelajaran jangan sampe jadi orang kayak gitu.

Perubahan ini semakin bertambah ketika tiba2 punya murid les privat banyak, sehari bisa sampe 2-3 kali ngelesin. Ketemu banyak keluarga baru yang baik banget, adek-adek baru yang lucu, temen-temen baru yang baik. Sekarang ratih juga udah jadi lebih independen. Dari yang dulu ke kamar mandi aja masih ngajak temen, sekarang makan di olive sendirian, bimbingan sendirian, ke perpustakaan sendirian, ke toko buku sendirian, kemana-mana sendirian.

And I don’t know if it was because I turned 20 this year. I think recently I’m becoming more mature day by day. I will write how I feel about turning into a lady, later in different post. I think its enough for today. A month to go to 2015, I will write as much as I can to say goodbye to this awesome year. Always thanking God, Allah SWT for all the beautiful things that happened to us!

Leave a Reply

