Alur Pembuatan SKCK Wilayah Sleman

IMG_20150505_190704[1]HAAAAAA LAMA BANGET GA POSTING SESUATUK DI BLOG

Gegara awal taun yang sibyuuukkk dengan urusan tugas akhir, dan Alhamdulillah April kemarin gue udah resmi bukan mahasiswa lagi. Hehehe mau posting tentang proses dari ambil data, acc sidang, sidang, yudisium tapi kok ya udah basi banget haha. Nyesel ga cerita disini kan memorable banget tuh jerih payah nya ga bakal lupa.

 

Oke skip skip ke topik utama postingan kali ini, gue mau kasih informasi alur pembuatan SKCK. SKCK atau singkatannya Surat Keterangan Catatan Kepolisian ini kalo ga salah dulunya itu surat kelakuan baik, jadi ya cuma ganti nama gitu. SKCK adalah persyaratan yang paling sering diburu para jobseeker, karena penting baik buat CPNS, BUMN, perusahaan swasta, dan lain-lain. Nah alur bikinnya puanjuannggg dari perangkat dusun sampe ke polres, tapi gak lama sih kalo bisa luangin waktu seharian. Oh iya alur ini berlaku buat tempat tinggal gue di desa Tridadi Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman, mungkin kalo daerah lain bisa sama bisa beda yaaa. Jadi begindang alurnyaaaaa

  1. Minta surat pengantar untuk pembuatan SKCK ke Pak RT ada dua lembar, setelah ditanda tangani dan dicap sama Pak RT, abis itu urut minta tandatangan dan cap ke Pak RW sama Pak Dukuh.
  2. Surat Pengantar dari RT tadi dibawa ke kantor kelurahan. Fyi kantor kelurahan desa Tridadi ada di jalan Parasamya kiri jalan, masih deket dari perempatan Beran. Di kantor Kelurahan ini nanti dilegalisir (tanda tangan dan cap). Btw gue datang jam setengah sembilan dan kantornya belom buka -__- mending jam sembilanan kalo kesini. Di akhir nanti diminta ngasih “infaq” seikhlasnya ke kotak infaq gitu, jadi siapin uang secukupnya.
  3. Terus surat pengantar tadi dibawa ke koramil buat dilegalisir juga, dari kantor kelurahan lurus aja nanti pertigaan ke kiri, nah koramil nya ada di kanan jalan sedertan sama pertokoan, pas depan kantor lingkungan hidup. Kantornya sepi banget kek gada kehidupan, yang ngelayanin Bapak2 TNI gitu, gue juga bingung nape ribet amat sampe kudu minta tandatangan TNI segala. Nah pas disini juga ada kotak infaq gitu kan, gue udah nyiapin duit kecil, eh abis bapaknya tandatangan ternyata ga dimintain, sampe gue tanya “Emm.. udah pak?” hahahaha
  4. Abis dari koramil, terakhir surat pengantar dibawa buat dilegalisir (lagi) di kantor kecamatan sleman. Kantornya di jalan magelang km 15, depan SMP gue 1 Sleman. Disini juga cuma nama kita dicatet, nunggu bentar, dapet deh tandatangan sama cap. Bapak yang ngelayanin baik banget, diajak ngobrol ditanya2in, dan di akhir didoain supaya sukses haha!
  5. Abis lengkap legalisir surat pengantarnya, kita bikin kartu rumus sidik jari dulu di Polres Sleman. Tinggal lurus ke selatan aja dari kecamatan, polres sleman ada di jalan magelang km 12,5. Bikin rumus sidik jari tepatnya di bagian INAFIS, pojok kanan polres, dari bagian pembuatan sim masi pojok lagi, kalo bingung tanya bapak tukang parkirnya deh. Disini syaratnya foto 4×6, fc KTP sama bayar 10ribu. Setelah ngasih persyaratan ke loket, ngisi data di form, nunggu giliran pengecapan sidik jari, nunggu giliran foto, jadi deh.
  6. Nah abis ini tinggal langkah terakhir, bikin SKCK. Fyi SKCK bisa diterbitkan oleh Polsek maupun Polres. Tetapi kegunaannya berbeda, SKCK terbitan polsek biasanya hanya berlaku untuk perusahan swasta. Sedangkan SKCK terbitan polres berlaku untu semua baik swasta, BUMN, maupun CPNS. Karena kepalang tanggung kalo cuma sampe polsek, gue bikin sekalian sampe polres, itung2 nyicil buat syarat daftar CPNS yang (katanya) bakalan diadain seperti biasa sekitar bulan Agustus. Ohiya, SKCK itu masa berlakunya enam bulan yaaaa.
  7. Sebelum ke Polres, harus bikin rekomendasi dulu ke polsek. Nah Polsek Sleman ada di deket sekitaran kompleks PMI dan GOR Pangukan itu, dari polres lurus nanti pertigaan depan primagama dan alfamart itu ambil kanan, lurus terus nanti polseknya di kanan jalan. Langsung aja ke bagian SKCK masuk pintu sebelah kanan. Serahkan persyaratan ke loket yaitu surat pengantar dari desa, fc KTP, fc akta kelahiran, fc KK, pas foto 4×6 background merah 4 lembar dan 2×3 2 lembar, sama fc rumus sidik jari. Nanti disuruh nyatet di buku, nunggu bentar, jadi deh. Langsung bawa ke polresss.
  8. Di polres pembuatan skck ada di pojok kiri sebelum parkiran motor. Kembali kita menyerahkan persyaratan yang sama persis kaya di polsek, ditambah dengan rekomendasi yang didapetin dari polsek tadi sama bayar 10rebu. Abis itu dikasih form yang harus diisi, diserahkan, nunggu bentar, dan jadi deehhhhh. Abis itu skck asli difotocopi 5 kali buat dapetin free legalisir. Fotocopinya di deket pembuatan sim yaaa, abis legalisir selesai sudah. Pulanggg!

 

Tips yang bisa gue kasih mending cari tandatangan RT-RW-Dukuh pas sore hari dan langsung berurutan aja, nah paginya jam 9 teng langsug deh dari kelurahan-polres. InsyaAllah jam sebelasan udah selese jadi jangan sampe kepotong jam istirahat. Jangan lupa sarapan, siapin uang kecil dan persyaratan dari rumah, biar ga bolak balik ke fotocopian.

Kemarin gue bikin dalam rangka mau daftar lowogan suatu Bank BUMN ternama, tapi gajadi gara2 di hari H gue malah kecelakaan. APESSSSSSSSSSS.

Mungkin belom jalannya :’)

Masih ada lowongan2 lain, semoga ada yang nyantol, semoga CPNS buruan dibuka pendaftaran, semoga ga lama2 nganggur T_____T #desperatejobseeker

 

Siapapun yang baca ini plis aminin, haha. Semoga besok2 rajin posting lagi. Dadaaaaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s