Life.. Changing of phase.

Setelah pulang dari hutan, tiba-tiba menyadari satu hal…. Temen sepantaran berbondong2 (halah lebay) melepas masa lajang (macam bahasa infotaintment aja)… 

Ya gitu. Kemudian tiap abis posting foto kondangan, tiap meet up sama temen, tiap buka sosmed. Gak jauh2 semuanya ada aja yg nyerempet2 pembahasan bertemakan “kamu kapan nyusul/ kamu duluan aja/ kita kapan yaaa”. Hahahaha.

Kadang w mikir. Itu kok bisa ya pada cepet memutuskan untuk nikah? (Ya pasti krn uda ketemu sama jodohnya lah) 

Dan kutemukan satu hal yg sama dari teman2 yg memutuskan untuk nikah muda itu. Calon suami mereka semua memiliki umur lebih tua dan sudah kerja mapan. Satu alasan itu udah cukup kuat bagi mereka untuk ngapain nunggu lebih lama lagi. 

Awal2 sih w juga termasuk golongan wanita yg baperan dan srg komentar ihh enakkk yaaa, calonnya uda mapan mahh gausah galau langsung yess ajaa.. Dah aku mah apa atuh, kontrak gak boleh nikah aja masih setaun, calon yg mau ngelamar apalagi 😂😂

Kemudian gue mencoba melihat kenyataan dari sisi lain. Emang yakin lo beneran pengen nikah muda ? Bukan karena rasa pengen ikut2an doang karena temen lo banyak yg udah duluan? 

Wanita nikah muda dg suami yg lebih tua dan mapan terlihat membuat iri, itu keliatan dari luarnya aja. Kalau lo kira menikah itu adalah jawaban dari pelarian masalah2 kehidupan yg hrs km selesaikan ketika km msh sendiri, itu salah besar. Kenyataannya menikah itu sama dengan memasuki kehidupan baru dengan masalah2 baru pula. Beban hidup jadi dobel, tapi bedanya ditanggung sama 2 orang, jadi bisa terasa lebih mudah.

Apalagi, banyak pengorbanan yg hrs dilakukan oleh wanita yg menikah muda. Selain kewajiban mengurus rumah tangga tentunya. Banyak perbedaan dari hal kecil misalnya, gabisa bangun siang lagi, pake celana kolor di dalem rumah, main sepuasnya sama temen, pulang malem, dan lain2. Otomatis dlm melakukan segala sesuatu, harus mempertimbangkan apa kata suami kan. Apalagi ketika dikaruniai anak.. Gausah dideskripsikan. Bye-bye single life.

Bukan berarti hanya ada hal-hal jelek yg didapat dari nikah muda ya. Pasti ada hal-hal baik yg didapatkan juga, dan bahkan lebih banyak baiknya. Tapi disini kita mencoba melihat dari sisi lain, yg kadang orang lupakan dan sisihkan.

Melihat kelakuan gue yg masih seperti ini, rasanya 1 % juga belum ada mental buat jadi seorang istri. Jadi gue dg sendirinya berhenti baper dan memilih menikmati masa2 dimana gue masih bisa melakukan banyak hal selagi masih sendiri. Im still young and want to do so many things in my life. Just keep trying to be a better person everyday. So i can desserve a good person too.

Terus maksud dari ocehan ga jelasmu ini apa sih tih? Gue sedih aja gitu makin hari makin kek yang, people judge too much when they see a woman hasnt marry yet and she is only 23 yo! Marriage sounds horror to me right now. Yes I believe marriage is completing half of our deen, tapi nikah bukan balapan yang harus diburu-buru kan? 

Maksud dari postingan ini, bukannya gue menolak atau menjelek2an konsep nikah muda gara2 gue baper krn gabisa mengalaminya ya. Disini gue menekankan bahwa, nikah muda itu gak seenak dan segampang yg terlihat dari luar. Jadi buat yg masih belum nikah dan sering ditanyain kapan nyusul. You dont have to be worry at all. You dont commit a sin. Semua punya hidup sendiri2, jodoh sendiri2, jalan hidup sendiri2. Semua akan indah pada waktunya. Bukan berarti kamu akan lebih sedikit bahagia hanya karena kamu lebih terlambat nikahnya. 

Oke cukup nyinyiran gak jelas tengah malam ini. Jadi kesimpulannya jangan baper! Kalau ada yg suka diburu2, jawab aja gak tauuu masih lamaaa nanti juga pada saatnyaaaa, kalo gak ujan 😆😆😆😆😆😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s